PANGERAN DAYAK MAANYAN

Tentang semua kerinduan terhadap kampung halaman nan luas di alam semesta

Berbagai Upacara Adat Kematian Dayak Maanyan

5 Comments

Dayakkkk KoeDayak Maanyan sebagaimana Dayak Lainnya di Kalimantan Tengah pada awalnya menganut kepercayaan (Agama) Kaharingan yang sampai  saat ini sangat mempengaruhi kebudayaan yang diwariskan kepada generasi baru yang menganut Agama Samawi (kebanyakan Kristen dan katolik).
Sepegetahuan saya ada, di banyak daerah misionaris Kristen dan Katolik baru mencapai desa dan dusun pedalaman tahun 1970, otomatis sebelum   kebanyakan Masyarakat dayak Maanyan Benua Lima di daerah terpencil menganut kepercayaan (sekarang Agama) Kaharingan, yang oleh pemerintah waktu itu “dipaksa” menjadi Hindu Kaharingan.
Oleh karena itu beberapa upacara adat kematian Dayak Maanyan adalah warisan budaya yang dijiwai Agama Kaharingan yang dipeluk oleh leluhur Dayak Maanyan.
Pada dasarnya, secara hukun adat Dayak Maanyan terbagi  tiga wilayah hukum adat yaitu  wilayah Banua Lima, Paju Empat dan Paju Sepuluh  (kampung sepuluh) terdapat bentuk-bentuk upacara kematian yang beragam. namun karena pengetahuan saya terbatas, maka saya hanya akan menjelaskan yang masuk hukum Adat Benua Lima :
Masyarakat Dayak Maanyan dulu menggambarkan bahwa kematian adalah sebuah awal perpindahan atau perjalanan roh (adiau atau amirue) ke kemuliaan dunia baru (tumpuk adiau) yang subur, damai, tentram, kaya raya dimana di sana ada kesempurnaan, kesehatan, awet muda dan kehidupan yang abadi. seorang Belian orang mati (wadian matei) yang saya interview menggambarkan amirue/adiau akan diantar ke tumpuk janang jari, kawan nyiui pinang kakuring, wahai kawan intan amas, parei jari, kuta maharuh, welum sanang, puang mekum maringin, arai hewu (Roh yang meninggal kan di bimbing perjalanannya oleh belian menuju tempat/perkampungan yang subur, kelapa dan pinang menghijau indah, bertaburkan intan dan emas, padi yang subur, makanan yang enak, hidup sejahtera, selalu sehat dan gembira)

Pada dasarnya Upacara (adat) kematian merupakan berbagai jenis upacara (serangkaian) dari kematian sampai beberapa upacara untuk mengantar adiau/roh ke tumpuk adiau/dunia akhirat’

Berikut beberapa upacara yang pernah saya hadiri :

  1. Ijambe, (baca : Ijamme’) yaitu upacara kematian yang pada intinya pembakaran tulang mati. Pelaksanaan upacaranya sepuluh hari sepuluh malam. dan membutuhkan biaya yang sangat besar, dengan hewan korban kerbau, Babi dan Ayam. Karena mahal Upacara ini dilakukan oleh keluarga besar dan untuk beberapa Orang (tulang yang udah meninggal) atau untuk beberapa Nama, dulu sering dilakukan di desa nenek saya di desa Warukin, kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan
  2. Ngadatun, yaitu upacara kematian yang dikhususkan bagi mereka yang meninggal dan terbunuh (tidak wajar) dalam peperangan atau bagi para pemimpin rakyat yang terkemuka. Pelaksanaannya tujuh hari tujuh malam.
  3. Miya, yaitu upacara membatur yang pelaksanaannya selama lima hari lima malam. kuburan dihiasi dan lewat upacara ini keluarga masih hidup dapat “mengirim” makanan, pakaian dan kebutuhan lainnya kepada “adiau” yang sudah meninggal.
  4. Bontang, adalah level tertinggi dan “termewah” bentuk penghormatan keluarga yang masih hidup dengan yang sudah meninggal, upacara ini cukup lama 5 hari lima malam, dengan biaya luar bisa, “memakan korban “puluhan ekor Babi jumbo dan ratusan ekor ayam kampung esensinya adalah memberi/mengirim “kesejahteraan dan kemapanan” untuk roh/adiau yang di”bontang”, upacar ini bukan termasuk upacara duka, tapi sudah berbentuk upacara sukacita.
  5. Nuang Panuk, yaitu upacara mambatur yang setingkat di bawah upacara Miya, karena pelaksanaannya hanya satu hari satu malam. Dan kuburan si mati pun hanya dibuat batur satu tingkat saja, di antar kue sesajen khas dayak yaitu tumpi wayu dan lapat wayu dan berbagai jenis kue lainnya  dalam jumlah serba tujuh dan susunan yang cukup rumit
  6. Siwah, yaitu kelanjutan dari upacara Mia yang dilaksanakan setelah empat puluh hari sesudah upacara Mia. Pelaksanaan upacara Siwah ini hanya satu hari satu malam. Inti dari upacara Siwah adalah pengukuhan kembali roh si mati setelah dipanggil dalam upacara Mia untuk menjadi pangantu pangantuhu, atau “sahabat” bagi keluarga yang belum meninggal

Yang menarik dari upacara tersebut adalah banyak unsur seninya, baik tumet leut (sajak yang dilantunkan dengan nada indah tapi tetap, dan tarian tarian khas jaman dulu misalnya giring2 atau nampak maupun nandrik

Upacara tersebut di atas mulai terancam punah, karena keturunan selanjutnya dari Dayak Maanyan Benua Lima kebanyakan menganut Agama Kristen dan Katolik,  lucunya ada bebrapa yang di”modifikasi” misalnya upacara miya di ganti dengan kebaktian mambatur versi kristen dan Katolik.

Harapan kita semua, kalapun bukan dalam bentuk kepercayaan, minimal beberapa budaya dalam bentuk syair, tarian, dll dapat dilestarikan.

Salam

Umpu Kakah

David S

Author: tumpuknatat

I am a dreamer and lover

5 thoughts on “Berbagai Upacara Adat Kematian Dayak Maanyan

  1. Tabe Salamat Lingu Nalatai Salam Sujud Karendem Malempang.

    Untuk lebih memperjelas tentang adat dan budaya maanyan, kami sarankan kepada siapa saja untuk datang ke Perpustakaan SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU PALANGKARAYA.
    Di perpus STAH, semuanya lengkap. dan sudah di uji kebenarannya secara akademik melalui penelitian yang resmi. jadi tidak asal tahu tanpa tahu yang sebenarnya.

    sahey

    salam
    dari stahn

    • saran gimana pak? btw terima kasih wahai lah…

    • terima kasih pak..saya setuju dengan saran bapak. tulisan diblog saya bukan sebagai sumber referensi. saya menulis hanya sebagai hobby, dengan nara sumber dr belian yang saya temui. terima kasih

  2. setuju.. ada hampe semangat mundur daya teguran teka STAH. sa penting niat takam maeh.. dan nara sumber teka tumpu natat…

    • bukan teguran kayaknya, hanya informasi saja…untuk pengutipan dengan tujuan akademis memang harus dari referensi akademis seperti di Perpustakaan STAHKN, cuma gak ada larangan lho, sebagai Putra Dayak Maanyan saya mewawancara wadian dan membuat tulisan sendiri….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s