PANGERAN DAYAK MAANYAN

Tentang semua kerinduan terhadap kampung halaman nan luas di alam semesta

Seri Kuliner Dayak Maanyan (Papai, pakasem dan gaguduh nanakan)

4 Comments

Makanan berikut ini memang tidk bisa diklaim khas dayak Maanyan, namun sudah dikenal oleh masyarakat dayak Maanyan sejak jaman dahulu.

  1. Papai

Papai dikenal juga oleh Dayak Dayak yang lain, maupun suku bangsa yang lain. Dayak Ngaju menyebutnya sebagai mandai. Sebagian menyebutnya dame atau  dami. Makanan ini terbuat dari kulit cempedak yang telah dibuang kulit luarnya yang tipis. Kulit yang sudah dikupas diberi garam secukupnya. Papai ini enaknya digoreng saja, baik kering maupun dioseng basah. Kalau menginginkan rasa papai yang manis dan lunak, maka segera sesudah dikupas dan diberi garam sedikit langsung digoreng, kalau menginginkan papai yang agak kecut dan dagingnya sedikit keras rendam dulu dalam air garam 1-2 malam, lebih dari 1-2 malam papai kecut tapi lunak. Saya sendiri suka papai yang asam diiris tipis tipis digoreng kering dengan irisan bawang Bombay yang banyak dan irisan cabe rawit plus sedikit MSG, enak sekali.

Dahulu orang menyimpan papai dalam guci atau stoples selama berbulan bulan, sebagai persediaan. Karena papai bukan dianggap sebagai sayur namun juga pengganti daging sebagaimana tempe dan tahu.

2.Gaguduh Nanakan

Nanakan atau cempedak (Artocarpus cempeden) juga enak digoreng sebagaimana membuat pisang goreng, namun yang paling enak digoreng di atas api kecil dan agak lama, sehingga biji di dalamnya betul betul matang, sehingga selain daging cempedak , bijinya juga bisa dinikmati. Biji cempedak juga enak direbus, sampai kulitnya terkelupas, biji ini mengandung karbohidrat yang tinggi.

3.Pakasem

Sebagaian daerah menyebutnya pakasam, namun di Malaysia Timur (Kalimantan) pakasam sama dengan “wadi”. Jadi bukan pakasem. Pembuatan pakasem hampir sama dengan wadi, namun yang menjadi pengawetnya adalah garam dan nasi dingin. Penyimpanannya sama dengan pembuatan wadi (lihat tulisan saya terdahulu), namun dalam waktu tiga hari sudah “jadi”, semakin lama pakasem, daging dan tulang ikan atau daging yang dipakasem menjadi lunak. Sangat enak pembaca…seperti rasa wadi, namun lebih asam.

Author: tumpuknatat

I am a dreamer and lover

4 thoughts on “Seri Kuliner Dayak Maanyan (Papai, pakasem dan gaguduh nanakan)

  1. pekasam atau pakasem puang ekat naan hang takam maanyan,pekasam terkenal teka Sumatra mun puang hala,suku Banjar gin ngulah pada,satu2 ni khas takam Maanyan hanye Umbut Rotan/sakulu,nange

    • hang Malaysia timur gin pakasem terkenal pada…tapi ware bahdahulu mengklaim..isa khas ni pakasem kenah tuku he he…uwut sakulu pada na kenal beberapa dayak di kaltim (kubar) dan kalsel (tabalong n Balangan)….tapi kawan panguta yeru katujuenku eleh he he

  2. yaw dosen ku sadi ulun Maanyan katuju yang busk-busuk:pakasem,wadi, acan,tampuyak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s