PANGERAN DAYAK MAANYAN

Tentang semua kerinduan terhadap kampung halaman nan luas di alam semesta

Who Am I???

38 Comments

inilah dirikuNama saya David Suwito, terlahir sebagai Putra Dayak Maanyan sebuah sub suku Dayak di Kalimantan Tengah. Saya dilahirkan di sebuah dusun kecil (sekarang desa) Betang Nalong, 18 Km dari Pusat Kota Tamiang Layang Barito Timur. Sebagai Putra Dayak Maanyan Benua Lima (Warukin-Tewah Pupuh-Bentot-Pulau Padang), saya sangat mencintai budaya Dayak Maanyan Benua Lima, melalui blog yang sangat sederhana saya ingin berbagi dengan semua tentang kekayaan budaya Dayak Maanyan baik kulinernya, adat istiadat, tradisi, seni  dan sebagainya.

Lama bekerja sebagai conservatoris di NGO Internasional The Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Regional kalteng, dan latar belakang pendidikan bidang kehutanan juga membuat saya sangt mencintai Hutan ,Lingkungan,  kehidupan masyarakat Dayak pedalaman, kearifan lokal masyarakat Dayak, Konservasi hidupan liar khas Kalimantan, upaya upaya advokasi terhadap keberadaan dan kehidupan masyarakat di dalam hutan.

Saya seorang pengais ilmu, selalu belajar dari segala hal, tidak mementingkan gelar akademik sama sekali….belajar dari siapa saja…pendidikan formal saya mulai dari belajar Manajemen Hutan, Universitas Palangka Raya, kemudian Diklat Fungsional Widyaiswara, kembali lagi mengais ilmu Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Universitas Padjajaran,Bandung, belajar Manajemen Lingkungan dan Energi Twente Universiteit, Enchede, The Netherlands, belajar juga di Van Laurenstein Hoge School, Leeuwarden, The Netherlands, dan saya tetap berharap bisa belajar kembali di Universitas Idaman saya : Leiden University di Leiden The Netherlands, atau di Brisbane, Australia.
Saya juga sebagai suami, dan ayah dari satu orang anak (untuk sementara, semoga bisa cepat nambah anak lagi he he he), “profesi” sebagai kepala rumah tangga merupakan suatu yang paling saya banggakan, tentu saja saya bukan suami dan ayah sempurna, tapi setidaknya saya berusaha, belajar, dan memperbaiki diri dari kesalahan sehari hari.
Sebagai Pelayan Masyarakat, saya yang beker ja di Depertemen Kehutanan Republik Indonesia, yang di tempatkan pada bagian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Kehutanan, saya juga suka belajar dan berdiskusi tentang upaya upaya meningkatkan profesionalitas aparatur kehutanan/PNS kehutanan dalam melaksanakan tugasnya. Melalui blog ini saya berharap dapat berbagi pengetahuan tentang kediklatan dan pendidikan Orang dewasa dengan para pendidik Dosen, Guru, Widyaiswara, Guru Besar Kependidikan dan Praktisi Pendidikan, untuk kemajuan bersama

Salam

David. S

Author: tumpuknatat

I am a dreamer and lover

38 thoughts on “Who Am I???

  1. Salut, good luck !

  2. tumpuk natat takam tatanan 100 taun haut ekat kuras ulun, tapi mahi jari ma pembangunan tumpuk takam

  3. wah…saya sering ke Tamiang..tapi kok gak pernah denger desa Betang Nalong ya?
    Saya sempet 3 bulan disana..dan sering bolak balik juga…jangan2 kita masih saudara? hehe
    Rumahku dekat lapangan sepak bola di tamiang..

    • betang nalong adalah dusun, dan baru dimekarkan menjadi desa definitif, dekat Bentot, sekitar 18 KM dr Tamiang layang, lewat dorong, didi dan Matarah…

      • Saya pernah ke Didi, Dorong, Bentot, tapi gak inget desa Matarah ataupun Betang Nalong.

        wah..masa kamu gak kenal keluarga wungkur sihh…masih satu rumpun sama Ukur..:))
        Rumah Kakah dan Itak Wungkur itu dijalan Magantis kearah kuburan..tapi saya bangun rumah didekat lapangan Kartika. Ohh..jadi kamu saudara sama pak Alan Ngepek kah? Saya inget2 dikit, dah lama gak pulang kampung…tapi thn ini mau coba ke Tamiang!! Asyikkk…:))

        btw, I know what Wungkur means..:) Saya ngerti bahasa maanyan tapi sdh jarang berkomunikasi…so I’ll be glad to practise again with you…

  4. salam kenal ya pak.. wah kalo dilihat-lihat nech.. saya bangga melihat ada orang indonesia yang begitu mencintai daerahnya.. kebetulan papa saya orang kalimantan tengah, suku dayak maanyan, dari bambulung… meskipun dari lahir dan tinggal di surabaya..tapi saya bangga lahir dari darah suku dayak maanyan… oh yach di surabaya ada perkumpulannya loch pak…salamat panalu pak..(maaf kalo salah)hehehe..

    • Salamat panalu jua Shierly, salam ma Ammahnu he he…ya harus bangga dong…Dayak Maanyan aslinya mendiami Kabupaten Barsel dan Bartim di Kalteng dan Kab Tabalong di Kalsel. Maanyan adalah sub suku dayak, dan di dalamnya di bagi lagi manjadi 3 wilayah hukum adat, yaitu maanyan benua Lima, Kampung sepuluh dan Paju epat, papahmu dari Bambulung masuk Maanyan Paju epat…

      • wah benar sekali kalo gt pak… kata inehku, kakahku dayak maanyan kampung sepuluh dan ninikku dari paju empat… aku sering mudik ma tumpuk ke sana…. di bambulung baru atau jihi… nanti kapan2 saya main kesana ya pak… ammahku besok ultah loch pak sama dengan HUT kalteng (kalo tdk salah), dan sekarang ammahku dinas d banjamasin, okey nanti saya sampaikan… oh yach.. kalo ada info sekitar kalteng/dayak maanyan d infokan dong d BLog bapak..trimakasih pak..

    • Shierly Kalimantan Tengah, hanyu hang awe itati, haut selesai kah kuliahnu????? Tabe ma ineh ambahnu lah, inunlawah mahi pangarasa!!!!

  5. Mas, sya org medan puna tman dkt org maanyan. Saya pgn bgt bljr bhsa maanyan tp ga da y bntuin, ga da kmus? Ada ga Mas ebook kmus bhsa maanyan-Indnsa. Blogna mantap Makash Mas

    • toek Guna : temen dekat atau soulmatenya? he he..Bahasa Dayak Maanyan ada 3 rumpun, yaitu bahasa Maanyan Paju epat, Maanyan Kampung sepuluh dan Maanyan Benua Lima, agak berbeda memang…untuk kamus belum ada…saya lebih concern ke bahasa Maanyan Benua lima yang mulai terancam kepunahan…thanks..

      • Saya menghargai usaha sdra Daud ini berbagi mengenai Maanyan dan kehidupan, agama serta adat istiadatnya! Teruskan dan komunikasikan dengan yang lain-lain!!!

        Mengenai kamus Bahasa Maanyan sebenarnya sudah ada, disusun oleh antara lain : Alm Drh George Sion Rubay, dan Prof. Fredrick Ngindra. Mungkin bisa ditanyakan kepada anak-anak Drh GS Rubay (Wiwin Rubay / ada FB).

      • makasih lah pak haut koment..maklum kami na pengatahuan pas pasan…aku memang suah panalu pa F Ngindra, kebetulan hantek sadi hanye selalu hadir hang acara2 bontang, siwah,miya. wara dan lain lain…pengetahuan beliau tak terbatas masalah yeru..aku mengajukan ngalap S2 antrolopologi UI andrau hiye ma departemen daya hamen nyamung niba yena, tapi na tolak mentah2 daya puang berhubungan langsung andri statusku sebagai widyaiswara kehutanan..
        makasih sekali lahi infonya….
        untuj shierly ada alamat emailnya pak..(shierly_mayz@yahoo.com) bisa dihubungi langsung..makasih…

      • @Siprento M Lusa Aq naan copyan kamus bahasa dayak maanyan sa na susun daya kakah kami Alm Drh George Sion Rubay (kakah munuk amun herawan kami),aq puang umpu ujut,,tapi aq umpu Frida Rubay ani G.S Rubay ru..tapi hg lewu kami hang jaweten kamus ni…aq naa ganyah hg jogja..kuliah..selain ba 2 ru..naan kakah kami hi bpk Pagoe Bangel pda sa nyusun kamus yiruu..:D..
        amun aq naa anak Gante Nyaben anri Riduwati L. Rubay

  6. Batuu harang
    kawe menurut pendapat nu tentang keberadaan batu bara/batu harang?…Hang Lalap

  7. slm pangataru, aku ulun kaharingan satu2 hang palangka.menurut hanyu inun inun konsep supaya budaya ritual mia tau lestari?…

  8. Salamat pangataru Aku asli ulun hengka Simpang Epat Jaweten arah ma Telang Baru (Tamiang Layang) . Cuma aku taati muneng hang Jakarta (Tangerang – Banten)

    • ooo..hang banteng kah? aku suah lawah hang yari pada (Bogor)..aku teka betang nalong..teka simpang jaweten ru palus itah karang langit, didi, matarah lalu tumpukku..

  9. saya juga pernah tngal d betang nalong selama 4 bulan!!!!tpi g prnh ketemu sama kamu!!!!!saya tinggal ditempat bapak Tani di betang nalong??????saya suka betang nalong!!!!!!salam buat keluarga di betang nalong semunya……….

    • waduh..saya jarang ke kampung, karena emang kerja di dephut di kampung cuma lahir n SD saja..mmm…rasa rasanya pernah dengar nama anda lengkap dengan gosip tidak sedapnya he he, mmm anda kan sepupu Dedi/Deden di Tamiang kan? sama seih..saya sepupu juga, bedanya saya dari papahnya dedi, anda dari mamahnya…itu kata tante mama dedi…

  10. salam pangataru teka umpu itak hingka sangarasi.

  11. Aku jua anak sa terlahir hang tumpuk Betang nalong, aku bangga tau lahir hang iru, aku janja kelak dìe aku tau ngulah bangga tumpuk natat.

    • Ha ha ha rasaku eh hanyu lahir hang betang Nalong..Kuliah hang Banjar Baru kah? kuliah mamaeh lah….jaga nama baik tumpuk takam…

      • hiay memang aku rahat kuliah hang Banjarbaru….. aku ngalap jurusan pertambangan, daya inun aku ngalap jurusan iru??? aku naan alasan tersendiri, aku sedih jua mun ulun bapaner sinis tentang dunia pertambangan, memang tambang terkenal dengan perusak alam, tapi hie sa tau ngontrol kinerja tambang daerah takam die mun takam hampe puang kataru isa kapu isa tentang inun sa ngaran ni Pertambangan. jujur aku sedih kadinung tumpuk natat takam taati, ulun ekat menginginkan keuntungan sebesar mungkin, puang perduli lingkungan takam, hang ina luwang hang yaru luwang sangat puang tertata dengan baik, semurawut….. maka tika iru aku terpanggil untuk kalaawe die aku naan andil hang wuang dunia tambang takam daerah yaru, aku ingin die kalaawe sumber daya alam sa terkandung daya alam takam tau na mamfaatkan se efisien mungkin, tau jari mambangun perekonomian daerah, puang ekat tau nyanrusak kawan jumpun haket, katuan, perkebunan, lasi panasian….. tapi kalaawe takam tau kaingkam nanam hasil teka sumber daya alam sa haut na anyu daya Tuhan, tapi takam puang hampe menderita daya dampak kerusakan lingkungan. aku ingin jua pemerintah daerah takam tau menyaring KP sa puang becos, antara sa perusahaan sa memang presentasi ni tau na andalkan. kala awe here tau mmperdulikan dampak lingkungan setelah here meng eksploitasi suber daya alam takam.

      • memang saat Mahasiswa dan masih muda idealisme takam meledak ledak, tapi butit ulun mampu mempertahankan idealisme ketika masuk ma sebuah sistem yang begitu kuat….btw teruskan perjuanganmu..jaga nama baik Betang Nalong di kancah Internasional he he

  12. ulun ngulah usaha tambang murun hang tumpuk natat daya ulah ulun takam jua. hene pejabat ulun maanyan hang tamiang yaru ngami ijin dan katauwen ekat ngulah sara kaawe ngantara duit hante, ngami lalan ma ulun supaya nanrusak tumpuk natat. jari amun haut karasa kinerja ulun takam hang tamiang yaru ngenei atei murun. inun ulah napilih lagi. puang pas jika tulat ngampihala ulun luar yaru nanrusak tumpuk natat.
    dinung leh kawasan gunung kasali, mudah2an masih naan jumpun haket pakai nahan banyir hang imbe.
    makin lawah hene ulun maanyan taati ngulah panrapui, gereleh na samar ampeng

    mudah2an hi cecep ripunk na jari salah satu ulun hante sa mengabdi pakai atei maeh, anri puang kakuring diki mate ninung duit hante.

  13. selamat penah andrau,
    terima kasih hene ngami informasi tentang tumpuk natat takam…

  14. hang tumpuk natat takam taati hene tatuu alah nunuk ( pecundang ) jadi saawe pulak sanai sa kainam haut bahasil ware mudi ngamuan tumpuk natat takam.

  15. aku kantang isa hang tewah pupuh hiye.,

  16. Aku uma numpang mitah blog yena, kabari pada tumpuk Pulau
    Padang daya masih serumpun sedarah daging andri Betang Nalong terima kasih.

  17. Bangga amun Bung David ngulah asal usul na dlm bentuk buku, Dayak Maanyan asal teka desa Sanggu,taati muneng hang Kudus Jawa Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s