PANGERAN DAYAK MAANYAN

Tentang semua kerinduan terhadap kampung halaman nan luas di alam semesta

Menghargai Kelebihan Orang Lain

Leave a comment

Menghargai kelebihan dan kekurangan masing masing.
Sejak kecil saya diajarkan dengan keras untuk menerima kekurangan orang lain, dan memahami bahwa itu adalah bentuk fitriah manusia sebagai makhluk dengan ketidaksempurnaannya, makanya saya tidak pernah membully orang dengan kekurangan tertentu, toh saya juga bagian dari mereka.
waktu berjalan…
ternyata kita lupa diajarkan untuk menghargai kelebihan orang lain, muncul kemudian generasi sinis kepada orang yang mempunyai kelebihan, padahal kelebihan juga harus kita terima sebagaimana menerima kekurangan masing masing.
” Ah..biar saja suaminya saya tidak seganteng Nicholas Saputra, yang penting hatinya baik, daripada ganteng tapi hatinya tidak baik”
Sejak kapan kita bisa menghakimi orang ganteng pasti hatinya tidak baik? dan yang tidak ganteng pasti baik?
” Tuh cewek, bolak balik mentang mentang cantik” Kata teman depan kosan saya di Bandung ngemonterin anak Co. Ass Drg..lhaa….gimana dong, dia memang cantik benaran, bolak baliknya jelas karena RSG tempat dia Co.Ass dekat situ.
“Test yang sangat tidak adil, yang lolos mereka yang ganteng dan cantik aja….gak dinilai kemampuan lain” kata seorang teman yang gagal nembus kerja di sebuah bank internasional…
Loh? kata siapa mereka pasti lebih oon? jika dengan kemampuan yang sama, orang cenderung memilih yang berpenampilan menarik, wajar banget…soalnya itu kelebihan.
Banyak hal yang membuat kita berubah menjadi orang dengki hanya karena tidak bisa menghargai KELEBIHAN ORANG lain.
Hidup memang berat dan tidak adil bagi orang pengeluh dan fokus pada kelebihan orang lain. Saya punya banyak teman, ada beberapa yang “serba mulus” hidupnya : anak orang kaya, pendidikan karakter bagus, raga sempurna, pintar banget, baik hati, dan lancar sekali mencapai cita citanya…banyak loh!; ada juga banyak juga teman tipe audio yang ditakdirkan hidup multilingual sempurna, dengan sangat mudah menguasai berbagai bahasa Asing dalam waktu singkat, ada yang kariernya melesat tajam, ada yang bisnisnya langsung meraja lela, ada yang gaji bulanannya 80 juta lebih, dan banyaaaak sekali off (alias liburnya), lengkap!
Saya juga pernah kursus bahasa Inggris, kemudian test IELTS teman teman saya dengan enteng langsung dapat 7,5…saya? 5,5!….butuh waktu untuk saya dapat 6,0 dan sekarang 7.0 ..saya belum pernah dapat 7,5 seumur hidup saya!! apalagi dapat 8.5 seperti teman akrab saya lulusan pertanian!, sementara lulusan Bahasa Inggris saja ada masih dapat 6,0- padahal teman teman akrab saya yang kadar belajarnya kurang dari saya enteng aja dapat 7,5 ke atas pada test pertama.
Saya berhenti meratapi kelebihan mereka..saya rela dengan kekurangan saya, dan tetap berjuang semampunya, sekuat tenaga, sekuat raga dan masih saat ini masih tidak ada apa apanya dengan mereka..(*sadis ya?)
entahlah….
Yang manusia itu memang unik dalam kelebihan dan kekurangannya…
Hidup ini tidak adil bagi para pengeluh dan pendengki
Hidup ini memang sementara…terlalu singkat bagi kita untuk sibuk menakar diri dengan takaran orang lain….
Kita…ya kita….harus saling menerima kekurangan dan kelebihan orang masing masing, tepatnya menerima manusia dengan karakteristik uniknya…
kita perlu tertawa bahagia dan ikut bahagia atas kelebihan orang lain..hidup akan menjadi ringan!

Selamat pagi…20453_1252686479309_1293947072_30757760_5912240_n

Author: tumpuknatat

I am a dreamer and lover

Leave a Reply

