PANGERAN DAYAK MAANYAN

Tentang semua kerinduan terhadap kampung halaman nan luas di alam semesta

Sukses dan Takarannya

Leave a comment

Sukses dan takaran pribadi
Kata sukses memang kata nan maha sakti, menjadi dambaan semua insan termasuk orang tua yang mempunyai anak.
Sukses mempunyai definisi masing masing, namun saya lebih suka definisi sukses secara umum yaitu : suatu keadaan di mana seseorang mencapai apa yang dia cita-citakan, serta hidup bahagia dalam pencapaiannya, bisa menikmati hidupnya serta berguna bagi orang dan lingkungan sekitarnya. Jadi ada 4 kata kunci terkait sukses : CITA CITA, BAHAGIA, MENIKMATI, dan BERGUNA.
Melihat dari definisi tersebut, jelaslah ukuran kesuksesan itu adalah sangat pribadi dan mempunyai sentuhan personal dengan ukuran yang pribadi juga.
kesalahan umum kita adalah menakar kesuksesan kita untuk kesuksesan orang lain, sampai kapanpun tidak akan pernah cocok. Jangan memaksa orang memakai baju yang ukuran kita, karena tidak cocok, andai cocok ukurannya, model dan warnanya belum tentu cocok dengan orang lain.
Saya punya teman sekampung, teman sejak masa kecil, cita citanya adalah “menjadi petani kaya yang tinggal di desa, dengan rumah kayu besar dekat sungai mengalir jernih dan anak anak sehat berlarian bahagia”
He used to tell me his dream more than 12 times during our elementary and junior high school periods. Karena keseringan dibilangin, saya sampai hafal banget cita-citanya. Dia tidak terlalu pintar di sekolah memang, tapi dia punya cita cita!
dan jreng…sekarang dia punya puluhan hektar kebun karet unggul, kebuh gaharu, kebun cempedak, punya mobil “pick up” buat membeli getah karet, punya rumah kayu nan sangat besar dan teduh serta sejuk dekat sungai kecil di desa sebelah, anak anaknya 2 sehat dan bahagia, tabungannya banyak, siap untuk mengantar anak anaknya untuk cita cita apapun, dia aktif dalam kegiatan masyarakat dan lain lain, dan yang penting dia sangat menikmati hidupnya dengan bahagia! dia SUKSES BESAR!, sementara kami teman temannya, yang konon lebih pintar secara akademis, yang kononnya NEM-nya lebih tinggi dari dia, masih BABAK BELUR belum mencapai semua cita cita kami.
Akan sangat timpang jika kami mengukur kesuksesannya dengan berapa gelar akademiknya, berapa negara yang dia kunjungi, berapa jurnal ilmiah yang dia hasilkan, berapa foto selfie yang dihasilkan selama liburan. Damn!! HE DOES NOT NEED those things!, dia tidak perlu semua itu, dia sudah sukses! that is all!
Satu lagi teman punya cita cita kerja sebagai operator alat berat di sebuah tambang, cita cita yang sering mengundang senyum kami semasa SMA; dan sekarang? hidupnya kelihatan sangat bahagia, bersiul siul berangkat kerja subuh subuh ke sebuah perusahaan tambah batu bara terbesar di kalsel, gajinya? 7 kali lipat gaji saya sebagai PNS (masih) golongan 3. Dia SUKSES!
Lalu perlukan saya bilang saya belum sukses karena tidak sama denagn mereka? yang tidak perlu lah…saya memang masih banyak mimpi yang belum terwujud, tapi saya tetap tidak merasa perlu iri dengan kesuksesan mereka, instead saya merasa perlu berbahagia bagi mereka.
PR kita kini berlanjut sebagai orang tua; masihkah kita membuat ukuran kesuksesan untuk anak anak kita? akan kan itu yang mereka impikan? apakah terbaik bagi kita juga terbaik bagi mereka? akankah mereka bahagia dan menikmati hidup dengan ukuran kesuksesan kita? panjang memang kalau dicermati.
Yang bisa kita lakukan adalah membimbing dan mendampingi mereka dengan kasih sayang dan perhatian dan dengan segala pendukung yang diperlukan untuk mereka.
Anak adalah seorang pribadi yang utuh dengan segala potensi dan mimpi mimpinya, mereka bukan fotokopi kita atau boneka yang harus persis sesuai dengan keinginan kita.
tugas kita sebagai orang tua adalah membantu mereka agar SUKSES..apapun itu…cropped-pict0074.jpg

Author: tumpuknatat

I am a dreamer and lover

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s